Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Saturday, August 8, 2009

Xbox 360 vs Ps3


Setelah membaca berbagai sumber mengenai perang konsol next-gen, akhirnya muncul beberapa konklusi yang mungkin penting bagi para gamers yang sedang binggung memilih konsol next-gen yang ingin dibeli.


Sebagai pembuka, Xbox 360 saat ini sangat diuntungkan karena banyaknya DVD game bajakan yang beredar tentu saja, memudahkan para gamer dalam menikmati game-game terbaru, dengan harga terjangkau dan cepat.


Sementara nasib sial sepertinya masih meliputi PS3 yang notabene masih mahal harganya....berikut kasetnya karena memiliki format Blu-Ray...(sebagai informasi DVD kopian format Blu-Ray saja harganya Rp.200 ribuan, tidak heran jika harga kasetnya mencapai Rp.900 ribuan). Tak kalah penting, biaya yang dikeluarkan Sony untuk mengembangkan konsol ini cukup besar dan mereka cukup maksimal dalam melakukan hal tersebut.


Saya bukanlah seorang yang benar-benar memahami teknologi Xbox 360 maupun PS3, sehingga saya akan memilih cara yang lebih casual dan ringan dalam menjelaskan perbedaan diantara keduanya.


Saya akan mengutip beberapa pernyataan dari para pengembang game yang juga membuat game untuk kedua konsol next-gen ini. Sehingga opini saya tidak berat sebelah. Oh ya saat inipun saya masih menunggu waktu yang tepat untuk membeli salah satu diantara dua konsol ini.


1. Grafis


Berdasarkan berbagai sumber yang saya kumpulkan, memang PS3 lebih unggul dibandingkan Xbox 360 dikarenakan engine yang digunakan memang lebih besar dan lebih baik dibandingkan Xbox 360. Playstation 3 memiliki resolusi native 1080p yaitu 1920 x 1080. 1080p memiliki kelebihan tersendiri dan resolusinya cukup tajam.


2. Performa


Walaupun PS3 memiliki engine yang lebih besar dan lebih baik, akan tetapi tidak dengan performanya.....menurut Lead Programmer (seperti saya sebutkan sebelumnya) sebuah perusahaan produsen game untuk kedua konsol itu, justru menurutnya Xbox 360 lebih baik performanya karena GPU nya lebih kuat, "fillrate" nya lebih baik dan memiliki pixel yang lebih banyak.

Menurutnya Xbox360 justru lebih mudah dalam me"render" high definition. Dikarenakan Xbox 360 jauh lebih cepat pengembangannya, didukung berbagai alat pengembang yang lebih baik dan tentu saja desain engine yang lebih mudah (Xbox 360 memiliki 3 "general purpose CPU" bandingkan dengan PS3 yang dianggap lebih rumit, 8 prosessor khusus yang pengoperasiannya membutuhkan DMA. Kalau boleh saya simpulkan, teknologi Xbox 360 memang tidak serumit dan secanggih PS3 namun masih mampu bersaing.


Contoh sederhananya Produk Toyota dengan Produk Ford Company....kita tahu bahwa mobil Amerika memiliki engine yang besar dan kuat dengan tingkat keselamatan yang tinggi. Namun kenyataannya mobil-mobil Jepanglah yang lebih unggul karena ekonomis, irit bensin, tapi mesinnya tetap mantap. Sepertinya Xbox 360 membalik strategi yang sudah dipraktekkan Jepang selama berpuluh-puluh tahun. "Membuat produk yang lebih sederhana namun kualitasnya tidak berkurang".


3. Pilihan Games


Dikarenakan beberapa faktor, seperti harga konsol yang mahal dan DVD game yang berformat Blue-Ray membuat produsen kesulitan menjual game-game PS3. Hal ini tentu saja menguntungkan Xbox 360 yang hadir lebih dahulu dibanding PS3, membuat para produsen berbondong-bondong merilis game untuk Xbox 360, pada akhirnya produsen harus mengejar keuntungan, PS3 memang lebih baik namun pengembangannya terkesan lambat sehingga para produsen games harus berfikir cepat.


4. Overall


Secara keseluruhan PS3 memang lebih baik, satu-satunya faktor yang membantu penjualan Xbox 360 saat ini adalah game originalnya yang lebih murah dibanding Ps3 ditambah ada bajakannya. Mengenai fitur-fitur pendukung lainnya, saya rasa bagi kita yang tinggal di Indonesia tidak terlalu bisa menikmatinya karena berbagai keterbatasan, kalaupun ada, jumlahnya tidak lebih dari 10 persen, bahkan kurang.


Pilihan untuk membeli PS3 ataupun Xbox 360 terletak ditangan para gamer karena pada akhirnya kitalah yang diuntungkan. Kita punya waktu lebih banyak untuk menganalisa dan menunggu development selanjutnya dari kedua konsol ini. Mungkin bagi gamer fanatik mereka cenderung memilik PS3 karena urusan hati dan faktor kenyamanan. Namun lebih dari itu semua keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling menutupi....tidak ada yang 100 persen sempurna.


PS3 memiliki grafis lebih baik tapi sampai detik ini tidak mampu memaksimalkan dirinya. Begitu juga dengan Xbox 360 yang sepertinya masih harus melakukan pembenahan disana-sini termasuk "Ring of Death" nya.


Jadi apapun pilihanmu.....Ps3 dan Xbox 360 mampu memenuhi keinginan para gamers untuk saat ini.....tinggal hanya masalah kenyamanan dan kecenderungan kalian, apakah suka game shooting dan game-game casual atau senang main RPG, fighting dan lain-lain. (fsl)

No comments:

your ads