Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Wednesday, September 30, 2009

Go clean tech


Investasi global untuk teknologi bersih atau ramah lingkungan kembali melonjak di kwartal ketiga, didorong oleh energi solar dan meningkatnya penawaran publik yang mendapat sambutan baik.

Investasi ramah lingkungan yang meliputi energi solar atau matahari, pembangkit listrik yang dikontrol komputer demi efisiensi, mobil listrik, bahan bakar bio dan bahan-bahan bangunan hijau ( material bangunan ramah lingkungan) meningkat $1,9 miliar dalam bentuk 112 kesepakatan.

Dikwartal pertama saja investasi untuk teknologi hijau berjumlah $836 juta dan untuk kwartal kedua meningkat $1,2 miliar.

Beberapa analis mengatakan bahwa momentumnya cukup tepat untuk berinvestasi disektor ini, lebih-lebih ketika A123 Systems Inc menawarkan IPO, sehingga prospeknya cukup menggiurkan dikwartal keempat nanti.

Saham produsen baterai A123 melonjak lebih dari 50 persen Kamis lalu, menjadikannya sebagai penawaran publik paling menarik sepanjang minggu lalu.

Lebih dari setengah investasi ramah lingkungan dikwartal ketiga berasal dari dua wilayah, pertama solar dan gabungan kategori bahan bakar bio atau biofuel, gasification / gasifikasi dan batu bara bersih.

Solar menyumbang $575 juta dengan 29 deal (kesepakatan) sementara biofuel, gasifikasi dan batu bara senilai $513 dalam bentuk 17 deal.

Satu perusahaan saja, produsen panel listrik solar efisiensi tinggi, Solyndra menyumbang $198 juta. Exxon Mobile Corp membuat komitmen multi-tahunan untuk berinvestasi senilai $300 juta di Synthetic Genomics untuk perkembangan bahan bakar berbasis algae.

Pembangkit listrik pintar dan perusahaan teknologi yang berkaitan dengan itu menyumbang $160 juta dengan 14 kesepakatan dan sektor transportasi dan otomotif dengan lima deal senilai $158 juta.

Bangunan hijau menyumbang $105 juta dan bahan bakunya yang ramah lingkungan menyumbang $100 juta.

Akan tetapi semua kesepakatan itu gagal tembus rekor tertinggi 2008 lalu, dimana di kwartal ketiga mencapai $2,9 miliar dan satu tahun penuh membukukan $7,6 miliar.

See my writes also in here (http://www.financeroll.com/in/berita-utama/news-stock-market/142037-go-clean-tech.html)

No comments:

your ads