Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Friday, August 5, 2011

Bursa Asia dan AS terperosok, apa yang terjadi?


Bursa Asia tergelincir sampai 5% hari ini setelah muncul kepanikan yang memicu aksi jual di Wall Street. Investor memangkas posisi dan segera mencairkan dananya.

Cemas ekonomi kembali tergelincir menuju resesi dan melonjaknya yield obligasi pemerintah Italia dan Spanyol mendekati level bahaya membuat investor berbondong-bondong mencari selamat.

Indeks futures AS sedikit menguat setelah semalam jatuh 4-5%. Jika data ketenagakerjaan yang rilis malam ini buruk, maka aksi jual akan berlanjut.

Kondisi semakin buruk setelah Jepang dan Switzerland melakukan intervensi karena mata uang mereka menurun, dimana kedua mata uang tersebut merupakan yang teraman diantara negara-negara maju.

Kondisi diatas membuat investor yang memilih cari aman berfikir dua kali untuk menempatkan dana di tempat-tempat yang volatilitas pasar keuangannya tinggi.

Sejauh ini hanya investor ritel yang melakukan aksi jual besar-besaran sementara investor institutional di Asia tidak sepenuhnya melikuidasi posisi, mereka cenderung menghentikan posisi-posisi beresiko dan melindungi portfolio.

Nikkei tergelincir 3,4% posisi paling rendah sejak bencana gempa dan tsunami di Maret lalu. Indeks acuan Asia MSCI turun 3,8%. Indeks Taiwan juga jatuh 5%.

Emas spot turun sedikit $3,71 per ounce menjadi $1.644,19 setelah tembus rekor sekitar $1.681 per ounce semalam.

(taken from my writes @financeroll.com)

No comments:

your ads