Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Friday, August 5, 2011

General Motors menjadi yang terbaik, libas Toyota

General Motors Co. berhasil menggeser Toyota sebagai produsen otomatif terbesar dunia. Pergeseran ini dipengaruhi gempa yang melanda Jepang di Maret lalu sehingga menganggu produksi domestik.

Penjualan GM meningkat 8,9% menjadi 4,536 juta unit disemester pertama yang berakhir di 30 Juni lalu, berdasarkan pernyataan GM kemarin.

Diposisi kedua produsen otomotif Jerman, Volkswagen AG berhasil menjual 4,13 juta unit disusul Toyota ditempat ketiga, 3,71 juta unit, sudah termasuk penjualan Lexus dan rekanan Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd.

Produksi di kota Toyota turun 23% menjadi 3,37 juta unit di semester pertama ini, produksi terpaksa dihentikan setelah gempa 9 skala richter dan tsunami melanda.

Toyota produksi akan berangsur pulih di September, satu bulan lebih cepat dibanding perkiraan sebelumnya.

Walau produksi Toyota mulai pulih, untuk menstabilkan penjualan akan membutuhkan waktu beberapa bulan. Diperkirakan untuk satu tahun penuh ini, penjualan Toyota akan masih dibawah Volkswagen.

Dikwartal kedua penjualan GM di AS meningkat 669,065 kendaraan. Unit Chevrolet Cruze merupakan mobil "best seller" di bulan Juni dan Chevy Silverado pickup masih menjadi mobil terpopuler kedua.

Dari seberang, Hyundai Motor Co. produsen otomotif terbesar Korea membukukan kenaikan penjualan sebesar 11% menjadi 1,96 juta unit.

No comments:

your ads