Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Friday, January 7, 2011

Facebook untung besar, kemungkinan IPO di 2012

Berdasarkan Laporan yang dibagi-bagikan Goldman Sachs kepada kliennya, jejaring sosial no.1 dunia, Facebook, mencatat pertumbuhan keuntungan yang cukup cepat.

Prospek yang menggiurkan ini akan menarik lebih banyak investor di 2011 namun dengan syarat Facebook harus membuka data keuangannya.

Tindakan membuka laporan keuangan dapat memicu initial public offering di 2011, namun tidak ada jaminan Facebook akan menjual sahamnya kepada publik karena perusahaan itu enggan membuka laporan keuangannya.

Menurut laporan Goldman, Facebook mampu meraup laba bersih $355 juta dalam sembilan bulan pertama 2010 dari total pendapatan $1,2 miliar.

Laporan ini dibagi-bagikan Goldman kepada kliennya, berisikan penawaran facebook senilai $1,5 miliar kepada salah satu pelanggannya. Pelanggan itu mengatakan telah menerima laporan keuangan sebanyak enam halaman yang berisi tentang informasi perusahaan jejaring sosial itu.

Dokumen itu menunjukkan Facebook mampu menghasilkan 30 sampai 40 persen keuntungan operasi, setidaknya perusahaan itu mencatat laba bersih $500 juta di 2010.

Yang mengejutkan adalah, potensi keuntungan tersebut bisa saja mengungguli Google. Disamping itu dokumen juga mengungkap Facebook ingin memiliki 500 pemegang saham tahun ini dan akan mulai mengeluarkan laporan publik pada April 2012.

Menurut regulasi sekuritas AS, perusahaan yang memiliki 499 pemegang saham harus membuka informasi keuangannya kepada publik.

Akan tetapi pihak yang memberi bocoran kepada Goldman mengatakan bahwa dokumen itu belum diaudit dan tidak terlalu detail menjelaskan bagaimana Facebook menghasilkan keuntungan. Sementara Facebook masih bungkam terkait penyebaran dokumen itu.

Banyak pihak yang berminat untuk menginvestasikan dananya ke Facebook dimana Goldman sendiri sudah menyuntikkan dananya ke Facebook senilai $450 juta dan mengalami peningkatan kekayaan sampai $1,5 miliar. (rts/fsl)

(This article was also published in www.financeroll.com)

No comments:

your ads