Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Thursday, August 18, 2011

Amerika Serikat sidik Standard & poor's

Departemen Kehakiman Amerika sedang menyelidiki apakah Standard & Poor's telah memberikan rating secara tidak tepat kepada lusinan sekuritas hipotek beberapa tahun sebelum terjadinya krisis keuangan, berdasarkan laporan New York Times hari ini, seperti dikutip dari Reuters.

Penyelidikan bermula sebelum S&P, yang merupakan unit McGraw-Hill menurunkan rating utang Amerika dari AAA menjadi AA-plus bulan ini.

Menurut Times, pertanyaan yang diajukan oleh departemen kehakiman apakah analis S&P pernah menurunkan peringkat obligasi hipotek sementara manajer bisnis S&P telah menolaknya.

Juru bicara departemen kehakiman menolak berkomentar dan S&P tidak memberikan respond ketika dihubungi.

Masih belum jelas apakah penyelidikan yang diselenggarakan departemen kehakiman ini akan melibatkan dua agensi rating lainnya, Moody's Corp dan Fimalac SA'S Fitch atau hanya S&P saja.

Masih menurut Times, walau banyak agensi perating yang mengalami kebangkrutan sepanjang krisis keuangan, investor masih akan mengacu kepada tiga agensi perating besar jika ingin membeli surat hutang pemerintah atau korporat.

Berbagai perusahaan dan beberapa negara, tidak termasuk AS, membayar kepada agensi perating untuk mendapat rating. Selama berpuluh tahun, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar perbankan, reksa dana dan lainnya agar mengacu kepada rating AAA untuk menentukan kebijakan investasi, kondisi ini tentu saja meningkatkan kekuatan agensi perating.

Jika kasus ini berhasil diselesaikan atau perselisihan dengan raksasa seperti S&P memanas, maka akan ada perubahan dalam sistem peratingan tradisional, ungkap Times.

No comments:

your ads