Bookmark and Share
Mari mampir....

Clock

Thursday, August 18, 2011

Apple lirik produsen Jepang, tinggalkan Samsung?

Mencuat kabar bahwa Apple Inc merencanakan untuk berinvestasi di pabrik sharp Corp dalam rangka mengamankan suplai layar LCD untuk perangkat iPhone dan iPad.

Berita tersebut memicu perkiraan Apple akan menggenjot order ke produsen suku cadang elektronik Jepang, menurut sumber dalam yang tidak mau disebutkan namanya, seperti dikutip dari Reuters.

Munculnya rencana order bersamaan dengan investasi pada pabrik LCD baru Toshiba Corp. dikarenakan beberapa bulan terakhir Apple dan pemasok utamanya, Samsung Electronics terus berseteru dipengadilan mengenai permasalahan hak paten, sehingga ada perkiraan Apple akan melakukan diversifikasi pemasok.

Produsen chip Jepang khususnya, seperti Elpida Memory Inc dan Toshiba Corp. berharap Apple akan order besar-besaran setelah hubungan perusahaan AS itu dengan Samsung memburuk.

Sumber juga menyebutkan jika pertempuran antara keduanya memanas maka akan terjadi pergantian order secara besar-besaran.

Sejak tahun lalu, media Jepang telah melaporkan bahwa Apple akan berinvestasi sekitar 100 miliar yen di pabrik Sharp. Sumber itu menyebutkan Sharp sudah mengunci kontrak dengan Apple untuk mensuplai layar hemat energi untuk generasi keenam iPhone, yang sedianya diluncurkan 2012 nanti.

Pejabat Sharp belum memberikan konfirmasi apa-apa berkenaan dengan berita ini karena perusahaan tutup memperingati libur musim panas. (taken from my writes @financeroll)

No comments:

your ads